STRUKTUR KURIKULUM SD/MI 2013

Selasa, 26 Februari 20130 komentar

KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan sedang gencar melakukan sosialiasi kurikulum 2013. Meski masih diwarnai pro dan kontra, kurikulum yang dinilai memiliki muatan pembelajaran yang mampu mendorong siswa lebih kreatif akan diberlakukan pada tahun pelajaran 2013/2014. Dalam kurikulum 2013, proses pembelajaran akan dilakukan secara holistik disesuaikan dengan tahap perkembangan siswa sesuai jenjang sekolah.

Perubahan yang cukup besar terjadi di jenjang sekolah dasar, terutama di kelas 4 - 6 karena tidak akan menerapkan sistem mata pelajaran namun akan menerapkan program pembelajaran secara tematik integratis. Dalam metode pembelajaran tematik tersebut, siswa diajak untuk mengenal ilmu dasarnya dulu. Dalam prosesnya, pembelajaran tematik sudah mencakup berbagai mata pelajaran sebagaimana yang sudah dilaksanakan pada kelas 1 - 3 pada kurikulum sebelumnya (Kurikulum KTSP).

Pada tahun ajaran 2013/2014, kurikulum rencananya hanya akan diberlakukan bagi siswa kelas 1 dan 4. Kelas 2,3,5, dan 6 masih menggunakan kurikulum lama. Sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA/SMK akan dimulai dari kelas 1. Hal tersebut akan dilanjutkan tiap tahun oleh kelas-kelas di atasnya, sehingga Tahun Pelajaran 2015/2016 seluruh kelas sudah harus melaksanakan kurikulum baru tersebut.

Adapun Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif, sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.

Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.

Sedangkan Kompetensi Inti SD adalah sebagai berikut:

Bagi Anda yang berminat untuk mendapatkan Struktur Kurikulum 2013, Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) khusus SD/MI silahkan klik STRUKTUR KURIKULUM SD/MI 2013. File dalam bentuk documen word.[]

 
Anda baru saja membaca Artikel tentang STRUKTUR KURIKULUM SD/MI 2013. Anda bisa menemukan Artikel STRUKTUR KURIKULUM SD/MI 2013 ini dengan URL http://pejalan-sunyi.blogspot.com/2013/02/struktur-kurikulum-sdmi-2013_1330.html, Terimakasih telah membaca STRUKTUR KURIKULUM SD/MI 2013. Anda boleh menyebarluaskan jika menurut Anda, artikel ini bermanfaat, dengan syarat meletakkan link STRUKTUR KURIKULUM SD/MI 2013 sebagai sumbernya. Jangan lupa Klik "LIKE" ya!!!.
Bagikan Artikel :
Posted by: pejalan sunyi
pejalan sunyi, Updated at: Selasa, Februari 26, 2013

Poskan Komentar

 
Support : Uang Receh | Herbal Online | Pulsa Gram
Copyright © 2012. Pejalan Sunyi - All Rights Reserved

Created by Creating Website Published by Mas Template